Oleh: asiaexc10dewirusiana | April 22, 2010

Karir sebagai Jurnalis Televisi

       Perkembangan dunia pertelevisian di Indonesia menuntut tersedianya tenaga terampil dalam bidang pertelevisian. Perkembangan berita televisi atau televisi berita mensyaratkan tersedianya tenaga handal di dunia pemberitaan. Kebutuhan akan pekerja untuk program berita televisi lantas menjadi suatu keniscayaan, suatu keharusan.

            Beberapa waktu belakangan, dunia jurnalistik televisi tiba-tiba menjadi suatu lapangan pekerjaan yang menarik. Banyak lulusan perguruan tinggi mendambakan bekerja sebagai jurnalis televisi, bahkan pekerja media cetak berbondong-bondong hijrah ke televisi. Banyak orang yang memutuskan bekerja di dunia jurnalistik televisi karena mereka melihat disana ada tantangan, kepuasan, variasi, serta kemungkinan menjadi terkenal dan gaji yang relatif lebih baik. Andrew Boyd, dalam bukunya Broadcast Journalism, menyebutkan bahwa pekerjaan di dunia jurnalistik televisi sebagai the best job in town.

            Karir di dunia jurnalistik meliputi berbagai jabatan, antara lain penulis (writer), asisren produser (producer assistant), produser (producer), produser eksekutif (executive producer), wartawan (reporter), juru kamera (camera person), koordinator peliputan (assignment editor), pembawa berira (presenter), penyunting (editor), dan lain sebagainya.

            Reporter atau jurnalis bisa dikatakan merupakan posisi awal dalam karir jurnalistik di televisi, selain juru kamera. Reporter sering dianggap sebagai ujung tombak produksi berita televisi. Di dunia jurnalistik televisi, skill sebagai reporter menjadi bekal dasar untuk menapak ke posisi-posisi atau jenjang karir berikutnya. Dengan skill sebagai reporter di stasiun televisi Indonesia, bukan tidak mungkin juga akan menjadi bekal untuk menapak karir sebagai jurnalis televisi internasional. 

Daftar Pustaka:

Usman KS, Television News Reporting and Writing , Ghalia Indonesia, Juni 2009, Bogor


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: